THE FUTURE OF BALIKPAPAN

KETUA OSIS SE-KOTA BALIKPAPAN

BALIKPAPAN KOTA LAYAK ANAK

INDONESIA GREEN AWARDS

Selamat Datang di pandudharma.blogspot.com Selamat menikmati Cerita, Kisah, Ilmu, dan Kegiatan yang saya rangkum menjadi sebuat Blogger karya anak SMP yang baru saja SMA. Semoga Blog ini berguna bagi anda para pembaca. Terimakasih Atas Kunjunganya :)
PaDarWin ialah singkatan dari Pandu Dharma Wicaksono. Pandu ialah pria kelahiran Balikpapan, 22 Agustus 1996, mengawali pendidikan di TK Flamboyan Kecamatan Satui Kalimantan Selatan, TK Pelita Prapatan Balikpapan Selatan, Kelas 1 dan 2 di SD Negeri 002 Balikpapan Selatan, Kelas 3 s.d. 5 di SD Kartika V-3 Balikpapan Utara, Kelas 6 di SD Negeri 002 Balikpapan Utara, Lulus dan Melanjutkan di RSBI SMP Negeri 3 Balikpapan, Lulus pada tahun 2008 Menerima Beasiswa Penuh Pendidikan di SMA Negeri 10 Melati Samarinda, Semester 1 Pindah ke SMA Negeri 1 Balikpapan sampai sekarang dan berkeingin Kuliah di Jurusan Managemen Lingkungan Hidup dan bercita-cita menjadi Walikota Balikpapan dan Mentri Lingkungan Hidup.

Selasa, 26 April 2016

Posted by Pandu Padarwin On 9:56:00 PM
Hari tepat tanggal 21 Maret 2016, keadaan hari itu berjalan seperti pada hari-hari biasanya. Sampai seorang yang sangat spesial buat saya menelpon dan tiba-tiba menangis. Entah ada apa, saat itu dia berbicara padaku bahsa semalam ia mimpi bahwa saya ada di bawa kapal besar di tengah samudra yang sangat luas dan dia tenggelam. Entah apa maksud dari mimpi itu, namun dia menangis dan saya mencoba untuk menenangkannya. Namun pada malam itu pula saya juga mimpi mendengar suaranya namun semua gelap ntah dimana dia berada. Kesesokan harinya dia kembali menelpon saya dan kembali menceritakan mimpinya kembali dimana semua orang ada dirumahnya dan menunjuk angka 21 ntah apa arti angka tersebut. Saat itu saya berpikir bahwa 21 adalah tanggal keberangkatan saya Ke Belanda.
Mengingat tanggal 21, memang agak aneh karena sebelumnya teman saya akan berangkat pada tanggal 21 dari jakarta menuju amsterdam. namun Tiket pesawat saya ternyata salah tanggal yaitu 22 April. Oleh karena itu saya melakukan perubahan tanggal dan ikut bersama teman-teman saya pada tanggal 21 April. Setelah disued kembali tiket keberangkatan saya ternyaat benar tanggal tersebut berangkat pada tanggal 21 April namun Nama saya yang seharusnya Wicaksono/ Pandu Dharma menjadi Dharma/ Wicaksono Pandu dan artinya ada kesalahan nama. Hal ini tentu akan berakibat pada saya saat pemeriksaan imigrasi karena nama belakang di passport dan nama belakang di tiket berbeda. oleh karena itu saya menghubungi kembali travel saya untuk dapat di refund dan membeli tiket baru. Sama sekali tidak ada firasat apapun tentang kejadian ini.
Hari-hari berikutnya merupakan saat dimana saya menghadapi Ujian Tengah Semester, tidak ada yang berbeda dengan uts kali ini namun ada hal yang sangat berbeda dengan orang yang sangat spesial buat saya. Akhir-akhir ini dia sering mimpi kurang baik, hingga pada suatu saat kembali iya bermimpi berada di sebuah pantai dan dia tenggelam namun tak ada satu orangpun yang menolongnya. di malam yang sama saya juga bermimpi bahwa saya sedang ada di sebuah tempat entah dimana dan semua orang menangis. Saya ga tau apa maksud dari semua hal ini, saya yakin bahwa semua hal ini bukan hal yang kebetulan.
Ntah apa yang kami fikirkan pada saat itu, saya berpikir bahwa 21 bukan lah angka yang kebetulan, 21 adalah tanggal keberangkatan saya. dalam benak saya pada tanggal 21 tersebut akan terjadi sesuatu hal yang menimpa saya, mungkin juga dengan pesawat yang akan saya tumpangi. Saat kami telponan, berbagai firasat, berbagai prasangka kami bincangkan. Bahkan kami membuat perjanjian jika ada sesuatu hal terjadi pada saat itu kami tidak boleh sedih dan harus tetap tersenyum. Dalam benak saya saya berpikir bahwa ajal saya mulai dekat.
Awal april saya dan dia telah menyelesaikan ujian kami ketakutan menghantui saya. ntah ada apa, tiba-tiba dia sakit dan dirawat di sebuah rumah sakit di singapore. tidak ada firasat apapun tentang sakit yang menimpanya. Namun sejak saat itu keadaan berubah setiap sekitar jam 3 subuh saya mendengar suaranya dan mengajak saya untuk solat malam. sontak semenjak saat itu hampir setiap hari suara itu membangunkan saya. Hingga pada tanggal 10 April ia tak sadarkan diri di rs di singapur. hatiku semakin ga karuan, apa yang sebenarnya terjadi, tiba-tiba seorang teman saya mengatakan bahwa dia mimpi dan ada saya di dalam mimnya. ntah apa arti mimpi dia namun yang pasti saya mulai merasakan kepanikan. sosial media saya sontak pentuh dengan hal-hal yang cukup berbeda dari biasanya. saya meminta maaf kepada orang-orang baik secara langsung maupun pesan singkat. hati satak tenag hingga pada tanggal 11 April orang-orang terdekat saya beberapa menghubungi saya dan mengatakan bahwa mereka mimpi tentang saya. tapi ntah apa yang terjadi. saya menghubungi sebua orang-orang terdekat saya dan sebagian besar mereka bertanya-tanya namun sebagian dari mereka pula sempat terpikir ttg saya dan bahkan beberapa dari mereka mimpi tentang saya. Kepanikan mulai membara, tangg 12 tiba dan berita duka datang dari salah satu sahabat saya, ibunya meninggal dunia pada sore hari sekitar jam 6 sore. sayapun bergegas menghubung sobat saya yang lain untuk mengabari berita duka ini. beberapa jam kemudian sekitar jam 9 malam saya mendapat kabar bahwa kekasih saya sudah sadar. dan bergegas segera saya menghubunginya. Berbincang-bincang canda menghibur dia, lalu saya mengabarinya bahwa ibu dari sahabat saya meninggal tadi sore. sontak dia mengatakan bahwa dia tau dan dia mengatakan kalau saya yang memberitaunya tadi sore dan saya memberitahunya secara langsung menggunakan baju biru. Sontak saya pun terkejut karena tidak ada yg memberi tahu dia dan dia baru saja sadar seteleh berita duka itu datang dan yang anehnya lagi pada saat itu saya menggunakan baju biru pemberiannya persis seperti yang dia katakan kepada saya.
Tidak ada perkembangan yan signifikan di rumah sakit di singapur, oleh karena itu keluarga memutuskan untuk membawanya ke sukabumi dengan bantuan pengobata medis dan tradisional. Semenjad di sukabumi dengan kondisi suasana yang dingin dan sejuk kesehatannya membaik.
Hari-hai berjalan seperti biasa kesehatannya membaik namun sayapun tetap terus meminta maaf kepada seluruh karabat saya, sembari mempersiapkan persiapan keberangkatann saya ke Belanda. 18 April dia menghbungi saya dan singkat sekali tidak seperti biasanya, dia bilang dia mau ngurus sesuatu. malam 19 ternyata dia sms seluruh kerabat dan koleganya dan memunta maaf termasuk mama dan papaku juga di sms olehnya. keadaan menjadi sangat panik dan tak terkendali, pada hari itu dia tidak sadar kembali dan hbnya turun. tanggal 20 saya berangkat ke jakarta untuk Pre-Departure Training dan persiapan keberangkatan. keadaaan semakin memburuk namun saya sempat menghubungi dia memberi semangat walau saya tau dia tak sadar namun semoga dia mendengar.
21/04/2016
tanggal 21 tiba, sejak pagi saya tidak dapat menghubungi keluarganya karna sinyal yang susah. siang hari saya mencoba menghubungi dan mendapat kabar keadaannya yang semakin kritis bahkan saat ini ia hanya bisa mengenali papinya. Oh tuhan apa kah arti semua ini.... aku bingung dan mendengar suaranya mengingatkanku kalau aku belum makan siang. aku bergegas menuju restoran favorit kami dan makan siang makanan kesukaannya.
ini pesannya :)
Oh iya jadi sebelumnya kami berencanan karna saya ada free tima pada weekedn d eropa, dia akan nyusul saya ke eropa dan keliling menikmati indahnya eropa bersama.
waktu keberangkatanpun tiba, saya sampai di Bandara soeta dan saat cek in, tiba-tiba maminya telpon dan sontak saya mengis karna keadaan yang tak kunjung baik, sontak saya menjadi cengeng tak terkendali. mengingat saya bersama teman-teman pada saat itu kami ber 4, segera saya masuk ruang tunggu. Tanggal 21 pesawat saya jam 21. ntah ada apa dengan angka 21. seat saya adalah 35C. ternyata pesawat kami delay 30 menit dan saya solat untk menenangkan diri sejenak. dan panggilan boarding pun tiba. saya segera menelpon maminya dan meminta menaruh hp di telinganya. ntah apa apa yg terpikir saat itu saya hanya bisa memberikan semangat dann reflek menyanyi lagu kami dekat dihati. sontak air mata ini terus turun hingga pada saat semua orang sudah masuk pesawat dan sayapun segera pamit dan masuk kedalam pesawat. Zikir dan doa lah yang selalau tekumandang di dalam pesawat. ntah apa yang akan terjadi oleh saya dan dia. pada jam 3:20an waktu jakarta saya membaca yasin dan tepat pada jam 3:35 waktu jakarta saya selesai membaca yasin. pesawat mendarat  dengan selamat dan sayapun turun menuju imigrasi. antrian imigrasi yang panjang dan adanya wifi saya manfaatkan unutk menghubungi keluarga dan mami kalau saya sudah sampai. namun yang saya dapatkan adalah kabar duka. air mata menetes hati bergetar, kaki lemas dan tubuhku serasa tak tau lagi apa. hingga saat giliran pemeriksaan imigrasi saya agak lama karna tidak konsem menjawab pertanyaan petugas akhirnya teman saya yg lain yg menjawab..... dia pergi meninggalkan kami pada jam 3:35. ternyata seat 35 C itu adalah pesan dari allah :')  aku ga ngerti kenapa semua ini terjadi. hari itu menjadi hari yang sangat menyedihkan dalam hidupku. ;"( tapi aku tau dia telah terbebas dari rasa sakitnya dan tenang di surga. love u dear.


Dear mhp,
Mas sudah sampai di NL nih. Kamu apa kabar disana :') ingat kan janji kita kamu bakalal susulin abang kesini dan menikmati indahnya eropa bersama. Sayang, kok telpon mas ga d angkat, angkat dong mas kangen nih. Dasar hoah :') mas kangen ngambekmu nih mas kangen cerewetmu nih mas kangen kamu sayang.... Kamu liat kan mata bengkak mas itu. Sudah ga tau berapa banyak air mata ini mengalir, sudah ga tau harus ngapain lagi. Kenapa sayang kenapa kamu malah pergi dan ga nyusul abang di eropa cry emoticon
Inget ga kita nyanyi bareng lagu dekat dihatinya run sebelum boarding kan kamu janji akan kuat menghadapi semuanya tapi kenapa kamu nyerah sayang cry emoticon
Hoaaaahhhhhh
Hoaaaahhhhhh
Hoaaaahhhhhh
Kamu mengajariku banyak hal walau jarak dan kondisi yang selalu membuat kita jauh. Karna kamu aku berubah jadi Pandu yang lebih baik, karna kamu aku tau arti sebuah kasih sayang. Sayang inget kan katanya mau jadi Ketua PKK tapi baru jadi Ibu negara GG kok udh pergi. Aaaaaaaaaa sayanggggg cry emoticonmaaf aku ga bisa ada di sampingmu di saat2 terakhirmu, maaf aku ga pandai berpuisi, maaf aku ga bisa jadi yg terbaik untukmu. Walau kamu sdh jauh d sana jangan pernah lupakan mas ya sayang. :')
Oh iya sayang ini foto mas senyum, sesuai janji kita kalau ada yg pergi duluan meninggalkan kita, jangan pernah ada yang nangis dan keep smile. Kk dah kasih liat kan sayang abang smile. Syg juga harus kuat ya di sana kiss emoticon
Love U MHPku
Maaf kalo mas banyak salah sama kamu. Maaf kalo mas banyak kekurangan. You are mine, and always be mine. 
Your Love
Padarwin

Sabtu, 26 Maret 2016

Posted by Pandu Padarwin On 10:51:00 AM
Netherlands, Londo, Belanda... ntah apa sebutan bagi negara satu ini di bumi nusantara. Hubungan negara kami telah dimulai sejak 350 tahun sebelum jepang menyerang (nada avatara ang) hehehe. Ya.. negara kincir angin ini akan segera aku kunjungi bulan depan tapatnya pada tanggal 22 April 2016 mendatang. Koe ngarep ngopo neng Londo to ndu? semua orang bertanya ketika aku mengurus Izin perkuliahan, organsiasi dll.
Suatu hari aku bermimpi untuk dapat mengelilingin dunia ini, dan pada 2015 lalu aku memutuskan untuk mengikuti berbagai kegiatan kemasiswaan dan kepemudaan di Indonesia. memulai dengan membuka berbagai website dan mengunjungi berbagai informasi tentang kegiatan mahasiswa dan kepemudaan. Salah satu kegiatan yang aku ikuti adalah YFCC (Youth For Climate Change) yah program iklim-iklim gitu lah pokoknya gaweane DNPI (dewan nasional perubahan iklim) yang jaman jokowi wes di lebur ke di Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dururu ceritanya aku salah satu peserta yang paling muda (beda tipis sama tua sebelum waktunya loh ndu) dalam kegiatan itu. dan seperti biasa setelah kegiatan berlangsung Grup grup memenuhi memori hp pun bermunculan. hahahah ada broadcast GMB apaan yaaa buka aja dah g-mb.org liat2 dah ada apa disitu. keknya kepanjangan intro yaa hehhe langsung aja dah gua buka dan sumpah mahasiswa yang namanya pandu dharma wicaksono itu kelewat selo tingkat dewa ga pake pikir langsung daftar dan ikutan gara-gara liat ada tulisan homestay program ke australia. pas daftar dalam hati saya "hahah sapa tau orang itam ini bisa ke australi, kece juga kali yaa foto-foto di dpn opera house". Inget banget dah gua daftar acara ini bayar 125K dan isi form di bandara soeta pas mau pulang ke jogja sampe2 finalisasi isi form online lewat hp di garbarata cgk heheh. daftarnya lama dan hampir lupa dengan program ini tiba-tiba teman saya telpone dan heboh kalo namaku ada di peserta lolos seleksi nasional gmb. lah terus di suruh ngapain abis itu ? pergi kejakarta dah ikutan seleksi yowes terbang lagi ke jakarta dengan di suruh bawa baju adat olah raga dsb. eh ternyata ini acara nasional pertama yang aku bingung seleksinya disuruh tes fisik(push up sit up lari2), unjuk bakat (nari nyanyi, puisi), wawancaranya banyak cuy afirmatif kepemimpinan bahasa inggris psikologi dan fgh gitu hedeh. terbenak dalam pikiranku ini acara apaaan ya allah :'( please help meee pas di tes fisik yaa heheh maklum lah jarang olah raga ngosngosan pas itu wkkwkwk. 
Oke gengs lama ga olah raga lama juga ga nulis blog ya jadi kalo ada yg typo tolong maaf kan sudah males cek and recek lagi karna kata dosen aku goresan pertamalah goresan .... hayooo apa aku aja lupa hehehe pokoknya gitu lah yaaa. cus kita lanjt gengs. Ga lama kemudia PENGUMUMAN2X eh katanya aku lolos 50 Besar yowes di suruh pergi ke semarang dengan list bawaan yang buanya banget dan Ga boleh bawa koper. ini acara apaan yaaa gua belon ngerti sampe saaat mau pergi ke semarang sejujurnya tapi ya sudahlah mengalir seperti air heheheh. sampe d semarang banyak banget kegiatan yang kece gila abis keren dah pokoknya. susah deh ngegambarinnya heheh terus tiba-tiba kita dibagi kelompok dan disuruh ke jakarta modal 100K/org ... hmm WHAT THE .... dan di suruh mampir di 2 kota untuk ziarah tangan di atas dan tangan di bawah... hmmm pokoknya itu pengalaman gila dari nebeng pickup ujan-ujan, nebeng tronton, di traktir supir truk, tidur d kantor polisi, kelai sama supir angkot gara2 di bawa kabur, tidur di kantor satpol PP, dapat surat anak hilang dari polisi pokoknya gila lah ceritanya hehehe. dan akhirnya sampe juga di Wisma PP PON Cibubur di jakarta. kalo yg tadi itu namanya Youth leader summit pas sampe di jakarta kita ikuta Youth leader forum. Di sini kamu ketemu banyak orang gilang luar bisa keren abis wkkwkw ampunnn. acaranya ON TIME GENGS sumpah dari smp aku ikutan acara nasional banyak tapi ini acara pertamaku yang bener-bener ontime, bahkan hari anak sama presiden aja ga ontime2 banget hehehe ini cuman sama-sama pengurus ontim sampe detik2nya d hitung heheheh. yang pasti disini kami didik unutk jadi MANUSIA DIATAS RATA-RATA. ahahha pas disitu adalah sesi homestay gitu kan tahun sebelumnya kemaren homestay program hanaya da di australi dan japan. dan tenyata tararaaaaaa Negara baru yang akan menjadi tempat homestay adalah BELANDA ;) hehehe. oke terbenak dalam hati saya oke fix aku harus ikutan dan harus bisa ke Belanda....


Bersambung ;)

Selasa, 21 April 2015

Posted by Pandu Padarwin On 2:46:00 PM
Posted by Pandu Padarwin On 1:37:00 PM